Toyota Vios G CVT Review

Toyota memiliki varian sedan yang dipasarkan untuk menyasar kalangan menengah, yakni Vios. Salah satu serinya adalah Toyota Vios G CVT yang cukup menyita perhatian. Meskipun sering dibilang mirip dengan taksi, namun mobil ini sangat elegan dan futuristik. Di versi facelift, Toyota melakukan mebaruan di berbagai sisi termasuk dapur pacunya.

Toyota Vios G CVT

Spesifikasi Toyota Vios G CVT

Vios G yang satu ini menggunakan mesin dual VVT-i yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 107 HP. Kapasitas silindernya adalah 1500 cc dengan nilai torsi maksimum 140 Nm. Selain transmisinya yang CVT, mobil sedan kelas medium ini juga sudah dilengkapi sistem rem ABS dan EBD. Vios G juga sudah memiliki tombol start-stop mesin yang memudahkan pengemudi.

Interior dan Exterior Toyota Vios G CVT

  1. Eksterior

Dari bagian depan, mobil memiliki lampu utama yang desainnya menyipit. Di sana ada lampu jauh, lampu sein, dan lampu daylight running yang semuanya masih menggunakan halogen proyektor. Di bagian bawah ada lampu kabut kristal berjenis halogen multireflektor. Hanya bentuknya saja yang berbeda dari versi sebelum facelift, sementara jenis lampu yang digunakan masih sama.

Penampilan grille mobil tak jauh berbeda dengan seri pre-facelift. Warnanya masih hitam ddengan ukuran medium. Jika biasanya grille menyatukan dua lampu, maka berbeda dengan Vios G. Grille-nya malah terletak dekat dengan bagian bumper yang juga berwarna hitam. Di antara dua lampu utama ada sebuah garnish panjang yang tengahnya terdapat sebuah emblem Toyota.

Ban yang digunakan adalah bridgestone turanza dengan ukuran 195/50. Sementara velgnya berukuran R16. Warna velgnya terdiri dari dua macam abu-abu. Spion mobil memiliki warna yang sama dengan mobil dan sudah ada lampu sein. Handle pintunya berwarna krom dengan akses smart entry. Sementara di samping depan, ada emblem dual VVT-i.

Tampilan stop lamp di bagian belakang seperti sebuah jajar genjang dengan tonjolan aerodinamiknya yang khas. Sama seperti lampu depan, stop lampnya masih menggunakan halogen. Di pintu bagasi ada emblem Toyota dan sebuah ganish horisontal berwarna krom. Selain reflektor yang ada di bagian bawah, ada pula sensor parkir dua titik.

  1. Interior

Mobil yang satu ini memiliki perpaduan warna interior beige dan silver gelap. Di sisi pintu, handlenya menggunakan warna krom. Untuk pengemudi, di bagian pintu terdapat kontrol auto lock untuk jendela dan pintu. Di bawah pintu, ada area penyimpanan, cup holder, dan sebuah speaker. Trim pintu terbuat dari bahan plastik namun ada beberapa bagian yang dibalut fabric lembut.

Bagian dashboardnya, warna yang dominan adalah silver tua. Di head unit terdapat sebuah panel layar sentuh 6 inch yang terdiri dari USB, AUX, radio, dan juga CD player. Di bagian bawah panel layar sentuh ada dua buah kisi AC yang dikontrol secara digital. Bagian head unit ini memiliki dekorasi bingkai krom. Di sisi kanan dashboard, ada laci penyimpanan yang dibuka secara manual.

Kursi mobil Toyota Vios yang satu ini terdiri dari 5 kapasitas penumpang, dua di depan dan 3 di belakang. Kursinya masih dibalut dengan fabric, namun kualitasnya premium dan halus. Masing-masing kursi dilengkapi dengan sabuk pengaman dan head rest. Sayangnya, airbag untuk Vios G masih diperuntukkan pengemudi dan penumpang samping depan saja.

Di bagian belakang mobil terntunya ada bagasi yang ukurannya sangat luas. Di bawah bagasi, ada sebuah cover untuk menutupi letak ban cadangan. Bannya memiliki jenis yang sama dengan ban yang terpasang. Jika ingin ukuran bagasi yang lebih lega, pengguna bisa melipat kursi di baris kedua yang rasionya sebesar 40.

Harga Toyota Vios G CVT

Transmisi CVT pada Vios G menjadikan mobil ini lebih mahal. Sedan kelas menengah ini dibanderol dengan harga Rp 328.150.000. Di pasaran Indonesia, Anda bisa mendapatkan mobil ini yang tersedia dalam 6 macam warna diantaranya merah mika metalik, abu-abu tua metalik, coklat quartz, biru tua metalik, hitam dan silver metalik.

Bagi penggemar sedan, tentunya Toyota Vios G CVT sangat direkomendasikan. Selain harganya yang terjangkau, Vios G juga sudah memiliki berbagai kelengkapan agar perjalanan penggunanya menyenangkan. Desain yang futuristik, dapur pacu yang baik, dan aerodinamis menjadikan sedan ini unggul di segmen kelas menengah Indonesia.